Blogilicious Trah Yogyakarta

Blogilicious Trah Yogyakarta akhirnya dilaksanakan dalam 2 hari pada tanggal 11-12 juni 2011 di Fakultas Pertanian lantai 3 UPN Yogyakarta. Blogilicious trah yogyakarta diikuti oleh para blogger dan kalangan penggemar blogger di yogyakarta, jawa tengah, surabaya bahkan ada teman yang datang khusus dari Lampung untuk bisa bertemu dan berkumpul dengan para blogger IDblognetwork. Acara ini terselenggara dengan meriah dan hari pertama hampir seluruh peserta yang terdaftar bisa hadir dalam acara blogilicious trah yogyakarta kali ini.

Karena acara masih berlangsung pada hari kedua hari ini Minggu 12 juni 2011 maka acara blogilicious trah Yogyakarta selengkapnya akan saya sampaikan setelah acara blogilicious ini selesai supaya tidak ada info yang terlewatkan untuk disampaikan :) Sabar ya... silakan panteng terus blog ini :)
-------------------------------------------------------------------------

Sebelumnya Mohon maaf info lanjutannya terlalu lama dilanjutkan  karena berbagai kegiatan offline saya yang menyita waktu sehingga  hari ini Jum'at 24 Juni 2011 saya baru sempat meneruskan cerita blogilicious di yogyakarta pada 11-12 juni 2011 yang lalu.. oke sekarang kita lanjutkan cerita mengenai pelaksanaan. Pada hari pertama Hari Sabtu tanggal 11 Juni 2011 beberapa Materi disampaikan oleh beberapa narasumber/pembicara.

Sebelum acara dimulai terlebih dulu peserta dihibur oleh Kesenian Penampilan Angklung Jlagran, kemudian Acara dibuka pada jam 10.00 wib dengan berdoa bersama dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya secara bersama-sama pula dengan penuh hikmat.

Sekitar 200 orang blogger dari jogja, jateng, jatim , lampung ikut meramaikan agenda ini. Mereka yang jauh-jauh datang dari Lampung ada Tokek ngeblog dan Mas Sandi Prayoga (yang saya tahu kalo gak salah, mungkin masih ada yang lainnya). Sedangkan rombongan dari blogger jatim ada mas Heru, Pak Arief EW, Mbak Fatma beserta Suami(mas Rifat), Mas Nopy dan mungkin masih ada yang lain tapi saya sudah agak lupa he he, Sedang dari wilayah Jateng ada Mas Bowo (sragen), Muhammad akbar alatas lain-lain banyak banget. Tentu saja sisanya meliputi blogger jogja yang mendominasi acara blogilicious kali ini. Acara dipandu oleh Mas Amril

Selanjutnya memasuki sesi pertama blogilicious hari pertama, Mas blontankpoer  (blogger bengawan)  - eks jurnalis (kalau gak salah), beliau menyampaikan materi Tips Ngeblog dengan memberikan ilustrasi-ilustrasi yang menarik diantaranya, bagaimana cara ngeblog yang baik yang tidak Copast yaitu dengan berusaha memunculkan ide, banyak membaca, mencermati ,ingkungan sekitar, menulis mengenai keahlian yang dipunyai akan menambah ide dalam menulis di blog, sedangkan bagaimana cara menulis supaya semua berjalan dengan baik yaitu dengan langsung aja kita menulis sesuai dengan naluri kita jangan mengacu dengan apa yang akan terjadi dengan tulisan kita nantinya tapi langsung aja tulis dulu baru setelah selesai kemudian kita review kembali sebelum di publish ke umum. Tips - tips yang disampaikan sangat berguna bagi kami yang masih amat pemula dalam dunia perbloggingan.

Selanjutnya materi dilanjutkan dengan penyampaian Materi Etika Blogging yang disampaikan oleh Iman Brotoseno, beliau membahas mengenai segi hukum dan tata cara dan etika kita dalam ngeblog. Dijelaskan bahwa ngeblog itu kita bebas menyampaikan pendapat dan bebas dalam memilih materi yang akan kita publish ke umum. Namun kita masih dibatasi dengan hukum yang berlaku dan norma yang ada di indonesia. Jangan sampai kita ngeblog asal-asalan yang akhirnya blog kita akan menjerumuskan kita ke dalam bui. Kaidah-kaidah hukum juga berlaku dalam membatasi aktivitas ngeblog kita. jadi meskipun blog sebagai media ekspresi namun kita tetap mengedepankan informasi yang bermanfaat dan bertanggung jawab. Satu hal lagi mengenai hak cipta dari suatu tulisan atau karya yang di publish di blog juga dibahas disana. Sekarang ini banyak terjadi plagiarisme yang dilakukan para blogger yang hanya ingin mengejar nilai nominal/penghasilan tanpa memperhatikan norma dan etika dalam ngeblog, mereka asal comot saja dari blog lain tanpa menyebutkan sumber dari artikel yang dia muat. Memang susah untuk mengkalim hasil kerja kita namun setidaknya bisa kita minimalisir dengan mencantukan identitas kita di dalam postingan, Misalnya tulisan ini merupakan karya dari jatger blog ya kita tulis aja blog atau identitas kita.

Kemudian dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh pemilik Berniaga.com yaitu Mr Julian. Dalam hal ini beliau memaparkan berbagai program Berniaga .com sebagai sebuah media untuk promosi gratis dan sarana jual beli gratis. Namun Berniaga.com berbeda dengan situs jual beli yang lain, berniaga.com masih mengedepankan keamanan dalam bertransaksi. Setiap iklan yang akan di publish selalu di review dulu secara manual oleh para karyawan berniaga.com, jika tidak layak untuk di publish maka iklan akan dibatalkan dan diberikan pemberitahuan via email. Berniaga.com masih menggunakan sistem customer to customer sehingga jika kita mau membeli suatu barang yang dipromosikan di berniaga.com, kita harus berkomunikasi langsung dengan penjualnya bukan melalui perantara berniaga.com. Mereka dalam hal ini bukan sebagai Toko online melainkan hanya sebagai penyedia sarana promosi gratis. Hal ini yang membedakan dengan situs jual beli yang lain dimana sebagian dari mereka telah menjadi perantara pembelian suatu barang yang dijual disana.

Selanjutnya Materi yang disampaikan dari sponsor blogilicious yogyakarta yaitu dari Flexi dengan materi Mobile blogging, yang disampaikan oleh perwakilan dari Flexi (maaf agak lupa nama pematerinya,  soalnya Kuncoro Wastuwibowo yang sedianya akan menyampaikan materi tersebut tidak bisa hadir). Dalam hal ini beliau menyampaikan peranan perkembangan peralatan mobile yang semakin canggih. Handphone tidak lagi hanya sebagai alat untuk telepon ataupun sms, namun sekarang telah jauh berkembang untuk berbagai keperluan yang semakin memudahkan penggunanya. Namun dibalik kemudahan itu pasti ada kelemahan yang perlu kita perhatikan, misalnya semakin rawannya terjadi kebocoran dan sebagainya. Maka kita sebagai pengguna harus lebih jeli dan berhati-hati dalam menggunakan perangkat yang kita pergunakan.

Kemudian dari perwakilan Kementrian Luar Negeri juga hadir yang diwakili oleh Bapak Aris Heru utomo yang juga sebagai ketua blogger Bekasi dan salah satu pemrakarsa blogger asean. Dalam hal ini beliau menyampaikan bagaimana Asean berperan dalam mengembangkan kemajuan ditingkat regional dan akhirnya berupaya membuat komunitas blogger asean yang nantinya diharapkan akan ikut memberikan kontribusi dalam menyebarkan informasi yang berguna bagi masyarakat luas melalui blogger asean. Blogger asean bisa di akses melalu www.bloggerasean.com

Materi selanjutnya pada kesempatan ini disampaikan oleh mas Dimas Maulana yang menyampaikan materi Social Media. Dijelaskan bahwa Social media saat ini cukup mendominasi penggunaan internet di indonesia terutama keberadaan Facebook yang banyak diakses oleh masyarakat indonesia. Facebook dan twitter merupakan sarana social media yang laris. Hampir setiap orang mengenal Facebook. Bagi orang yang mempunyai jiwa bisnis, facebook bisa digunakan untuk pemasaran berbagai produk, untuk menjaring relasi bisnis dans ebagainya, sedangkan bagi seorang blogger, adanya facebook dan twitter serta media sosial lainnya bisa digunakan untuk mempublish artikel yang di postingkan, hal ini bermanfaat untuk menjaring pengunjung sehingga trafik blog meningkat. Banyak hal bisa kita lakukan dengan facebook maupun social media lainnya cuma kita harus lebih bijak dalam menggunakannya

Nah,, Materi terakhir di hari pertama yang paling menarik yaitu Blog monetizing yang disampaikan oleh Mas Kukuh TW beserta Mbak Mubarika (yang waktu itu kelihatan kedinginan pake jaket terus seperti saya he he). Beliau menyampaikan perjalanan Idblognetwork dalam peranannya sebagai media promosi online di kancah dunia maya indonesia. Meskipun belum genap setahun, namun Idblognetwork.com ternyata telah berhasil menjaring sekitar 5 ribuan blogger dan masih sekitar 4 ribuan blogger yang masih dalam tahap review. Idblognetwork mengalami perkembangan yang sangat pesat terbukti berbagai perusahaan besar skala Nasional dan internasional telah bergabung menjadi adsvertiser di IdBlognetwork.com Sebagai contoh, telkomsel, XL blackberry, Indosat, Flexi, Nokia, Sunsilk, Ponds, OSK188, dan lain-lain. Yang menarik diakhir acara blogilicious hari pertama tersebut mbak RIka memberikan 2 buah review senilai masing-masing Rp. 1 juta yang diperebutkan melalui kuis. Spontan saja peserta blogilicious saling berebut menjawab pertanyaan yang disampaikan. akhirnya hadiah diberikan ke 1 orang member IDblognetwork dan 1 orang non member IDblognetwork. hari pertama pun selesai dan acara dilanjutkan di hari kedua.

Pada hari Minggu tanggal 12 juni 2011 acara kembali dimulai pada jam 10.00 wib. Materi pertama disampaikan oleh Beliau Mas Eko HP (Eshape) yang menyampaikan materi Blogpreneur. Peserta langsung diberi selembar kertas untuk mengisi kuesioner dan kemudian setelah selesai dijelaskan mengenai karakter kita dari hasil kuesioner yang kita isi tersebut. sambil menjelaskan berbagai hal mengenai watak dan sifat manusia, beliau juga melontarkan berbagai joke yang membuat gerrrr para peserta. tak tanggung-tanggung beliau juga memberikan Rp. 100 ribu ke pada seorang peserta yang dengan cekatan menjawab pertanyaan aneh yang diajukan oleh pak Eshape. Bagaimana gak aneh, beliau cuma bertanya " siapa yang mau uang?" kemudian ada seorang peserta yang mengacung dfanlangsung diminta kedepan dan kemudian diberi uang 100 ribu. Dia pun kaget dan bertanya kenapa diberi uang.. pak Eshape pun berkata "kan tadi saya bilang siapa yang mau uang" he he lucu memang. Dari hal tersebut bisa diambil hikmah bahwa kita harus cekatan dalam setiap hal, kita ngeblog pengin uang dari aktivitas ngeblog kita, maka kita harus cekatan dengan apa yang ada disekitar kita dan jangan terlalu lama berpikir karena kita akan berhenti dan tidak jadi melangkah.

Tak lupa Bos mie Sehati ini juga melibatkan Mas Nopy (dari blogger Jatim) untuk memplekoto beberapa peserta yang diminta maju menjawab beberapa pertanyaan yang disampaikan, suasana pun semakin gerr.. he he, Bos dari Mie sehati ini juga memberikan banyak wejangan kepada para peserta supaya sebagai blogger yang ingin uang, jangan malas untuk terus berkarya, menulis dan berbagi, sabar, doa, tidak pelit, sedekah dan bersukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah kita terima.

Dilanjut dengan materi selanjutnya oleh Mas Suryaden yang mengulas mengenai SEO. Banyak hal disampaikan oleh mas Suryaden bagaimana supaya SEO kita mantap. Namun saya pribadi sebagai blogger yang masih amatiran tetep saja masih belum bisa ngehhh dengan penjelasannya karena belum nyampe pemikiran saya mungkin he he.. Sebagai pokok penjelasannya adalah SEO penting bagi sebuah blog/website dan berbagai cara untuk mengoptimalisasikan sebuah blog harusnya tetap menggunakan cara yang sehat, jangan menggunakan blackhate SEO karena akan merugikan kita sendiri nantinya.

Kemudian Sang master Aldy Terren (Frozen Frog) membeberkan mengenai materi Security. Dalam hal ini beliau menyampaikan banyak hal mengenai pengamanan sebuah blog/website. Bahkan dicontohkan juga bagaimana sebuah blog/web yang terkena hack, Dalam hal ini beliau menyampaikandidalam jomla terdapat komponen yang mudah untuk di hack. ada plug in-plug in tertentu yang mudah untuk di hack. berbeda dengan blogspot ataupun WP yang lebih bagus dalam masalah security nya. Begitu mudahnya sebuah web/blog dijebol keamanannya membuat kita sebaiknya lebih waspada terhadap akun kita misal di blogger, Facebook, twitter dan sebagainya. Penggunaan username dan pasword yang sulit ditebak akan mempengaruhi keamanan blog/web kita. Penggantian pasword secara berkala juga akan sangat bagus dalam mejaga keamanan blog/web. Pasword yang berbeda-beda untuk setiap akun yang berbeda juga akan meminimalisir terjadinya pembajakan akun kita. Dari berbagai kasus yang ada, maka sebaiknya kita berhati-hati supaya aset kita tidak kena hack atau dibajak oleh pihak-pihak yang ingin punya kepentingan terhadapan aset kita (blog/web)

Materi selanjutnya adalah mengenai Theme Design yang disampaikan oleh master kita dari Gunungkidul Yogyakarta Mas Nurudin jauhari, Beliau adalah specialis mengenai Theme Wordpress. Beliau mengulas bagaimana membuat theme yang baik, bagaimana cara membuatnya dengan kode-kode yang bagi saya rumit karena cukup sulit memahami bahasa code/script/php atau yang lain. akhirnya saya cuma bisa melongo dan menikmati saja karena bagi saya pribadi masih sulit untuk bisa menerapkan ilmu yang diajarkan oleh mas Nurudin. Dia menambahkan bahwa beliau lebih suka dengan design WP karenabisa di edit secara offline tidak seperti blogspot yang harus dalam keadaan selalu online untuk bisa mengedit theme nya. itu menjadi kelebihan dari WP. Dan masih cukup banyak kelebihan dari WP yaitu lebih mudah untuk dioptimasi dibanding dengan blogspot.

Nah, diakhir acara kembali dibagikan 2 review masing-masing senilai Rp. 1 juta bagi 1 orang member IBN dan 1 orang non member IBN. Panitia lokal menutup acara dengan  memberikan sebuah cenderamata sebuah Wayang Kulit kepada pihak IDblognetwork yang diwakili oleh mbak Mubarika Darmayanti. Lengkap sudah Blogilicious Trah Yogyakarta diselenggarakan dalam 2 hari dengan mendapat antusias yang bagus dari masyarakat blogger yogyakarta dan sekitarnya. Acara terakhir yaitu foto-foto bersama seluruh peserta dan kemudian dibagikan goodibag bagi setiap peserta yang berisi sertifikat, stiker dan kaos keren.

Banyak hal yang kita dapat dari acara ini diantaranya, kita bisa saling mengenal siapa blogger yang berada dibelakang sebuah blog/web keren yang mungkin selama ini sering kita baca, banyak ilmu yang bisa kita peroleh dari para pemateri yang nantinya bisa kita terapkan untuk membuat blog kita semakin bagus dan lebih bermanfaat, dan yang pasti kita semakin mengenal apa itu blog, apa itu IDblognetwork dengan berbagai agendanya, Bagaimana negblog yang baik, bagaiman mendapat uang dari blog dan sebagainya.

Pokoknya rugi banget bagi yang tidak mengikuti Blogilicious trah yogyakarta pada waktu itu. Harapan saya sebagai salah satu dari member IBN, Semoga keberadaan IDblognetwork bisa menjadi salah satu sarana memonetize blog yang bisa diandalkan oleh para blogger indonesia, bisa menjadi pemersatu para blogger indonesia, dan dapat lebih berguna bagi bangsa dan negara melalui berbagai perannya bersama para blogger di IDblognetwork serta semoga ditahun mendatang bisa diselenggarakan lagi event blogilicious dengan lebih meriah lagi.. amiin

Berikut ini beberapa foto lain dari koleksi saya





Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga cerita saya mengenai blogilicious Trah Yogyakarta, Salam hangat dari blogger Trah Yogyakarta



Post a Comment

0 Comments